Bapak/Ibu Wadin, Bekerja di bidang Pertanian

• Apa sih alasan kamu datang ke Jepang?
Alasan saya datang ke Jepang adalah karena Jepang terkenal dengan teknologi yang canggih dan saya ingin mempelajari hal tersebut. Di Indonesia saya juga bertani bersama keluarga saya. Disini saya mempelajari bagaimana pentingnya untuk menepati janji dan waktu. Ini sangat penting untuk bidang pertanian. Dan alasan lainnya adalah saya ingin menabung supaya saya bisa membeli sawah yang luas.

• Apa yang kamu lakukan pada hari libur?
Pada waktu libur saya biasanya main ke rumah Kepala Sekolah, makan udon, berbelanja baju, dan lain-lain. Terkadang saya juga pergi ke tempat yang memiliki pemandangan indah lalu mengambil beberapa foto untuk dikirimkan ke teman dan keluarga, dan mereka pun ikut senang. Pemandangan Laut Pedalaman Seto yang dilihat dari Goshikidai juga sangat indah.

• Apa jenis pekerjaan yang kamu lakukan di bidang Pertanian?
Saya bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Pekerjan saya adalah menanam dan memanen sayur-sayuran. Saya juga menanam jeruk yang rasanya sangat enak. Saya menyiram, memberi pupuk atau vitamin, terkadang saya juga mencabut rumput liar yang tumbuh. Semua yang saya lakukan di tempat kerja, saya anggap sebagai sebuah pembelajaran. Memang terkadang bisa lebih melelahkan pada waktu sibuk, akan tetapi saya merasa saya bisa belajar banyak hal dari apa yang saya kerjakan saat ini. Pada saat saya memanen sayur-sayuran, saya juga suka memberi hasil panenya ke teman-teman orang Indonesia.

• Bagaimana suasana tempat kerja?
Direktur di tempat kerja saya seorang perempuan yang sangat ramah. Beliau juga berkata “Kamu bisa menganggap saya sebagai Ibumu disini”. Karena itu saya menyebut beliau dengan sebutan “Okaasan” yang berarti “Ibu”. Awal-awal saya bekerja memang cukup sulit untuk berbicara dengan bahasa Jepang, tetapi saya sangat berterima kasih kepada Okaasan karena telah mengajari saya dengan sangat sabar dan ramah.

• Apa hal yang menyenangkan selama kamu tinggal di Jepang?
Saya senang karena bisa mendapatkan teman baru. Tentu saja saya juga senang karena bisa menabung disini. Saya juga senang sudah bisa beradaptasi dengan pekerjaan saya. Saya sudah berhasil mencapai impian saya yaitu membeli rumah untuk keluarga dan membeli tanah untuk saya bertani.

• Apa pendapat kamu tentang Prefektur Kagawa?
Menurut saya ada banyak tempat bermain di Prefektur Kagawa, Tidak hanya itu kotanya juga besar cocok untuk berbelanja. Di daerah Utazu baru dibuka Akuarium yang cukup besar. Akuarium ini merupakan akuarium terbesar di wilayah Shikoku. Menurut saya Prefektur Kagawa merupakan tempat yang bagus karena kita bisa bersentuhan langsung dengan alam, dan juga bisa melihat gedung-gedung besar seperti kota-kota besar di Jepang, tidak hanya itu orang-orangnya juga sangat ramah.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です